Senin, 18 Mei 2009

PELATIHAN BETERNAK KAMBING ETAWA

PELATIHAN BETERNAK KAMBING ETAWA

Saat ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang mulai senang dan tertarik dibidang peternakan, khususnya beternak kambing etawa. Karena memang pada dasarnya kambing jenis etawa ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh beberapa jenis kambing yang lain. Selain sebagai jenis kambing pedaging, kambing etawa juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi, baik itu dari segi kambing penghasil susu, maupun kambing etawa sebagai kambing seni atau kambing kontes.

Sebagaimana kita ketahui bersama, susu kambing memeiliki beberapa karakteristik khusus yang mampu mengobati beberapa macam jenis penyakit, seperti atsma, tbc, batuk-batuk, flek pada anak, bahkan kangker dan thalasemiapun mampu disembuhkan oleh susu kambing ini. Sehingga nantinya kalau kita ingin berbisnis di sektor ini pasti pasarnya akan bersifat dinamis.

Untuk itu kami, peternakan kambing etawa Bumiku Hijau, mengajak rekan-rekan semua baik peternak maupun calon peternak untuk mengikuti pelatihan beternak kambing etawa mulai dari a sampai z, mulai dari tata laksana perkandangan, perawatan, pemilihan bibit yang unggul, sampai ke pengolahan hasil produksi baik itu kotoran kambing, maupun susu kambing yang layak konsumsi maupun layak jual. Di sini nanti kita juga akan praktek secara langsung proses pembuatan susu bubuk, dimana kita ketahui susu bubuk adalah produk terakhir yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Selain itu juga akan ada paket wisata (city tour) ke pasar kaligesing, dimana pasar ini merupakan sentra penyebaran kambing ke seluruh Indonesia. Harapannya nanti seluruh peserta akan dapat berinteraksi secara langsung baik itu dengan pedagang kambing maupun dengan peternak/petani yang sedang berada di lokasi pasar tersebut. Pada saat hari pasaran tiba, terdapat ribuan kambing etawa mulai dari grade A sampai grade C, dengan harga yang berfariasi.

Selain itu, nantinya peserta juga akan kita ajak berkeliling ke sentra-senta kandang kelompok yang tersebar di seluruh penjuru kaligesing, sehingga nantinya peserta juga akan semakin luas dan matang dalam beternak, karena kandang yang akan kita kunjungi adalah kandang milik mereka-mereka yang sudah sangat berhasil dalam hal beternak kambing etawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar